Forum Wisata Dunia

Forum Wisata Dunia adalah sebuah forum komunikasi, informasi mengenai wisata di dunia untuk semua membernya
 
ForumForum  IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  Login  

Share | 
 

 Tips Berwisata ke Tanah Toraja

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
roniproling
Nubie
Nubie


Posts : 29
Join date : 10.03.15

PostSubyek: Tips Berwisata ke Tanah Toraja   Thu Jun 30, 2016 5:13 pm

Menurut cerita legenda yang menyebar di masyarakat suku Toraja, leluhur dari suku toraja sendiri berasal dari manusia yang turun dari nirwana dengan menggunakan tangga dari langit menuju bumi. oleh karena itu mereka percaya bahwa tangga tersebut bisa berfungsi untuk media pendekatan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa ( Puang Matua ).

Sementara menurut seorang anthtropolog yang bernama DR. C. CYRUT yang melakukan penelitian mengenai suku Toraja, didapat kesimpulan bahwasannya  masyarakat Tana Toraja merupakan hasil dari akulturasi penduduk asli yang bermukim di daratan yang ada di Sulawesi Selatan dengan pendatang atau imigran dari Teluk Tongkin / Dataran Cina. Proses alkuturasi tersebut berawal dari perpindahan penduduk Indo Cina dengan jumlah yang sangat banyak yang diperkirakan menempati daerah Enrekang, dan kemudian mereka membangun tempat bermukim di daerah tersebut.

Pada mulanya nama Toraja diberikan oleh masyarakat suku Bugis Sidendereng dan dari Luwu, Masyarakat Sidendreng menyebut penduduk daerah ini dengan To Riaja yang artinya "Orang yang bermukim di pegunungan atau negeri atas", berbeda dengan orang Luwu yang menyebut penduduk daerah ini dengan To Riajang yang mempunyai arti " Orang yang mendiami atau bermukim di sebelah barat ". Versi lainnya adalah sebutan Toraya yang mempunyai arti " Bangsawan ". Kemudian seiring berjalannya waktu istilah tersebut berubah menjadi Toraja dan kata Tana sendiri berarti negeri, kemudian dikenal dengan Tana Toraja.

1. Memakai Pakaian Adat

Untuk menghormati aturan adat istiadat dari masyarakat Toraja, sebaiknya Anda menggunakan pakaian adat khas Toraja.

2. Hati - Hati Saat Masuk  Ke Tongkonan

Karena rumah khas Tana Toraja memiliki lorong yang rendah, sebaiknya perhatikan kepala Anda saat memesuki rumah tradisional tersebut.

3. Pilih Bulan Yang Tepat

Untuk mengunjungi Tana Toraja disarankan untuk memilih liburan Anda pada bulan Mei dan Oktober karena pada bulan - bulan ini cuaca yang ada disini  sangat baik.

4. Bawa Perlengkapan Kamera

Untuk urusan yang satu ini jangan sampai ketinggalan, perseiapkan perlengkapan kamera Anda sebelum mengunjungi Tana Toraja agar bisa mengabadikan moment berharga selama mengunjungi lokasi wisata di Tana Toraja.

Source : https://www.twisata.com/objek-wisata-tana-toraja-tempat-wisata-terbaik-di-sulawesi-selatan-indonesia/
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.visitprobolinggo.com
 
Tips Berwisata ke Tanah Toraja
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Di Jual Tanah di Boyolali
» Tips/Cara Menjaga Hubungan Cinta
» Kakek Minum Minyak Tanah Tiap Hari
» Tips Mengatasi Kejenuhan dengan Pasangan
» Tips Memiliki Hubungan yang Sukses dengan Kekasih

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Wisata Dunia :: Backpacker Forum :: Cerita Perjalanan-
Navigasi: