Forum Wisata Dunia

Forum Wisata Dunia adalah sebuah forum komunikasi, informasi mengenai wisata di dunia untuk semua membernya
 
ForumForum  IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  Login  

Share | 
 

 Tips Berwisata ke Gunung Kelimutu

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
roniproling
Nubie
Nubie


Posts : 29
Join date : 10.03.15

PostSubyek: Tips Berwisata ke Gunung Kelimutu   Thu Jun 30, 2016 3:07 pm

Gunung Kelimutu merupakan bagian dari Taman Nasional Kelimutu. Taman ini merupakan yang terkecil diantara taman lain yang ada di wilayah Bali hingga Nusa Tenggara, namun jangan salah, walaupun lokasinya tergolong kecil, Gunung Kelimutu menyimpan keindahan yang tidak akan kita temui di taman nasional lainnya. Pasalnya seiring terjadinya erupsi dan letusan dari Gunung Kelimutu, malah menambah pesona dan keunikan tersendiri. Adanya letusan itu sendiri mengakibatkan terbentuknya tiga danau kawah terpisah diatas puncak Gunung Kelimutu. Ketiga danau kawah tersebut sangatlah indah dan mempesona sehingga dapat memikat mata yang melihatnya.

Gambar-Danau-Kelimutu

Danau kawah yang ada di Gunung Kelimutu sangatlah unik, karena danau kawah tersebut memiliki 3 macam warna yang berbeda satu dengan yang lain. Ada merah, biru, dan putih. Danau Tiga Warna merupakan objek wisata andalan di pulau Flores. Danau kawah tersebut memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Ketinggian dinding antara 50 hingga 150 meter. Dinding danau kawah ini tergolong terjal karena memiliki kemiringan sebesar 70 derajat.Danau kawah ini dikatakan unik bukan hanya karena perbedaan dari ketiga warnanya, namun danau kawah ini juga sering kali berubah warna.

Para ilmuan yang sengaja datang dan meneliti ketiga danau ini mempunyai pendapat yang berbeda - beda tentang aktivitas perubahan warna pada danau kawah di Gunung Kelimutu. Ada yang mengatakan bahwa perubahan warna ini di sebabkan oleh Gunung Kelimutu sendiri, aktivitas gunung berapi yang terus – menerus mengalami erupsi dan menghasilkan gas – gas dari dalam menjadi faktor utama pada perubahan warna danau kawah. Sedangkan ada juga yang berpendapat bahwa, ini disebabkan oleh pantulan sinar matahari serta pembiasan cahaya dari dinding kawah.

Selain itu, beberapa penelitian juga membuktikan adanya kandungan mikroorganisme tertentu yang mempengaruhi perubahan warna pada danau kawah tersebut. Misalnya saja, dari salah satu danau kawah yang berwarna biru, kini berubah menjadi hijau. Hal ini juga menguatkan pendapat tentang meningkatnya aktivitas gunung berapi serta kandungan gas dari dalam beserta perubahan suhu.

Tak hanya itu, di Taman Nasional Kelimutu juga menyimpan berbagai jenis burung indah yang tercatat hampir punah. Selain itu, flora di Taman Nasional Kelimutu juga tak kalah menariknya dengan taman nasional lainnya. Anda akan dibuat terpukau dengan sajian alam yang di miliki Taman Nasional Kelimutu. Ada istilah “kecil – kecil cabe rawit” itulah bahasan yang tepat untuk wisata diTaman Nasional Kelimutu, walaupun tidak luas namun pesona keindahan dan keunikannya menjadi daya tarik tersendiri dan sayang untuk di lewatkan.
Untuk anda yang akan mengunjungi Taman Nasional Kelimutu, jangan lupakan hal – hal berikut ini :

1. Mengingat pulau Flores sering terjadi gempa, maka carilah tahu tentang rute yang aman untuk trekking ke Gunung Kelimutu. Menyewa pemandu juga sangat dianjurkan, mengingat bahaya yang akan anda temui jikalau sampai salah arah.

2. Mendaki Gunung Kelimutu merupakan tujuan wajib para wisatawan yang datang. Namun ada beberapa bagian yang tidak dapat dikunjungi dari bagian gunung ini karena panas bumi yang cenderung tidak stabil. Jadi jangan coba – coba untuk bermain di tempat terlarang itu ya....

3. Tidak semua jalan setapak di danau kawah Gunung Kelimutu bisa dijelajahi, karena dinding kawah sangat tipis dan rawan longsor. Jadi anda harus extra hati – hati dalam menapaki jalan sekitar kawah.

4. Waktu yang terbaik untuk berkunjung ke Gunung Kelimutu adalah pada bulan Juli hingga September. Karena di bulan – bulan inilah termasuk musim kemarau, sehingga rute masih dalam jangkauan aman. Anda tak akan terjerat dalam medan yang berlumpur serta ketakutan dengan bahaya longsor.

5. Berkunjunglah pada dini hari, agar anda dapat menyaksikan matahari terbit yang sinarnya memantul pada danau kawah, sehingga lebih terlihat mempesona.

6. Selain itu, berkunjung pada dini hari juga dapat menghindari dari tebalnya kabut di Gunung Kelimutu.

7. Sediakan masker untuk menghindari debu yang mengganggu.

8. Pengelolaan wisata Taman Nasional Kelimutu sangat kurang, sehingga jangan heran jika pelayanan yang anda dapatkan kurang.

9. Usahakan sediakan peralatan pribadi dan bekal yang cukup, karena ketika sampai disana, anda tak akan menjumpai penjual yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

10. Sediakan jaket untuk dapat menghangatkan badan anda.

11. Taatilah peraturan yang ada, mengingat di tempat ini sangat rawan terjadi gempa dan longsor.

Source : https://www.twisata.com/keindahan-dibalik-sejarah-danau-tiga-warna-gunung-kelimutu/
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.visitprobolinggo.com
 
Tips Berwisata ke Gunung Kelimutu
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Lima Kali Gempa Letusan di Gunung Bromo
» Tips/Cara Menjaga Hubungan Cinta
» Tips Mengatasi Kejenuhan dengan Pasangan
» Tips Memiliki Hubungan yang Sukses dengan Kekasih
» Pendakian Gunung Rinjani (ala Backpacker) 13-17 Mei 2015 (low budget dan pasti berangkat)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Wisata Dunia :: Backpacker Forum :: Cerita Perjalanan-
Navigasi: