Forum Wisata Dunia

Forum Wisata Dunia adalah sebuah forum komunikasi, informasi mengenai wisata di dunia untuk semua membernya
 
ForumForum  IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  Login  

Share | 
 

 Tips Berwisata ke Gunung Rinjani

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
roniproling
Nubie
Nubie


Posts : 29
Join date : 10.03.15

PostSubyek: Tips Berwisata ke Gunung Rinjani   Thu Jun 30, 2016 3:00 pm

Gunung Rinjani |. Kali ini saya akan mengulas tentang gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Dengan puncak tertinggi 3.726 M dpl. Di puncak itulah serasa menyentuh kumpulan awan dan memandang langit bebas dengan udara yang benar – benar segar tanpa asap – asap kendaraan serta pabrik yang tentunya sangat mengganggu.

Dimana lagi tentunya kalau bukan di Gunung Rinjani. Dari namanya yang anggun sudah terbayang betapa indahnya satu destinasi dari pulau Lombok yang tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Selain itu Gunung Rinjani juga memiliki sebuah danau yang berada disebelah barat kerucut Rinjani yang dikenal dengan Segara Anak. Danau tersebut terletak di ketinggian 2.000m dpl. Disana juga terdapat kaldera yang memanjang kearah timur. Air yang mengalir dari danau tersebut membentuk air terjun yang memiliki pemandangan yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang tajam dan curam. Sungguh memukau dan bisa menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Di Segara Anak anda akan menjumpai kumpulan ikan mas dan mujair. Disini, anda dapat memancing ikan sepuasnya. Sangat cocok untuk pemancing mania. Sedangkan pada sisi selatan danau Segara Anak juga terdapat danau yang disebut dengan Segara Endut. Tak sampai disitu, anda juga disuguhkan pemandangan Gunung Baru atau masyarakat setempat menyebutnya Gunung Barujari yang terletakdi timur kaldera.

Gunung Rinjani terbentang di Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas 41.330 ha. Gunung Rinjani mendominasi sebagian besar pemandangan di Pulau Lombok bagian utara. Selain itu, di dalamnya terdapat zona transisi Garis Wallacea. Udah tau tentang Garis Wallacea ? Coba ingat kembali pelajaran IPA di SD tentang ekosistem flora dan fauna di Indonesia! Garis Wallacea terkenalsebagai gudangnya beraneka flora dan fauna yang tidak dapat di temukan di tempat lain.

Nah di Taman Nasional Gunung Rinjani inilah flora dan fauna tropis Asia Tenggara bertemu dengan flora dan fauna Australia. Sangat mengesankan jika anda dapat mengexplore langsung keindahannya disana, selain dapat menikmati keindahan di gunung rinjani, juga dapat melihat betapa kayanya flora dan fauna di Indonesia. Taman Nasional Gunung Rinjani sendiri didirikan tahun 1997 dan merupakan salah satu dari 40 taman nasional yang ada di Indonesia.

Tak hanya menikmati pemandangan gunung yang eksotis, tapi juga sekaligus mendapat bonus untuk menikmati indahnya danau serta megahnya air terjun disana. Satu lagi, yaitu flora dan faunanya yang akan membuat kita jatuh cinta dan bakal merindukan lagi gunung ini. Pokoknya cocok banget buat anda yang suka hicking and travelling serta menyatu dengan alam. Walaupun tidak bisa dipungkiri untuk menuju kesana harus mempersiapkan tenaga yang ekstra, tapi hal itu akan terbayarkan oleh pesona eksotis dari alam Gunung Rinjani.

Tips Berwisata

1. Ketika trekking sebaiknya menggunakan sepatu boot agar mudah dalam menakklukkan rute menuju Gunung Rinjani.

2. Selain itu, pakaian hangat juga sangat diperlukan, karena udara disana tergolong berangin dan dingin tentunya.

3. Tidak disarankan juga datang pada musim hujan karena rutenya pasti licin dan dikawatirkan terjadi longsor.

4. Siapkan kebutuhan pribadi seperti bekal makanan dan minuman yang cukup. Tak perlu pusing, di dekat pintu masuk sudah berjajar para pedagang, sehingga andat tak perlu repot membawa dari rumah.

5. Ingat dan yang paling penting yaitu energi yang fit. Karena anda akan benar – benar merasakan sensasi mendaki untuk bisa sampai ke puncak Gunung Rinjani.

6. Gunakan jasa pemandu agar tidak tersesat dalam menapaki rute yang ada.

7. Berkunjunglah pada saat musim kemarau, karena di musim hujan rute yang dilewati cenderung licin dan seringkali longsor.

Source : https://www.twisata.com/taman-nasional-gunung-rinjani-objek-wisata-pendakian-tercantik-indonesia/
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.visitprobolinggo.com
 
Tips Berwisata ke Gunung Rinjani
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» OPEN TRIP GUNUNG RINJANI 3.726 MEI 2016
» Pendakian Gunung Rinjani (ala Backpacker) 13-17 Mei 2015 (low budget dan pasti berangkat)
» Lima Kali Gempa Letusan di Gunung Bromo
» Tips/Cara Menjaga Hubungan Cinta
» Tips Mengatasi Kejenuhan dengan Pasangan

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Wisata Dunia :: Backpacker Forum :: Cerita Perjalanan-
Navigasi: